London Siap Buka Olimpiade 2012

Panggung telah selesai, para atlet telah mempersiapkan diri untuk pembukaan perayaan olahraga terbesar dunia, Olimpiade 2012 di London, Jumat waktu setempat.

Pembukaan yang akan berlangsung selama tiga jam, diharapkan dapat ditonton langsung oleh lebih dari satu juta penonton di seluruh dunia melalui berbagai televisi global. Pembukaan ini sekaligus akan menjadi penanda dimulainya 17 hari penuh kerja keras para atlet untuk menjadi pengharum nama bangsa dan menggapai impian tertinggi.

Perdana Menteri David Cameron menekankan pada Kamis, bahwa Britania Raya akan memberikan sebuah perhelatan akbar olahraga yang spektakuler dan monumental setelah calon Presiden Amerika Serikat (AS) Mitt Romney mengritik habis-habisan persiapan yang dilakukan penyelenggara Olimpiade.

Sebuah film singkat senilai 27 juta poundsterling (42 juta dolar AS, atau 35 juta euro) yang menggambarkan berbagai persiapan menjelang pembukaan Olimpiade 2012 menunjukkan acara pembukaan akan menjadi acara megah nan mewah, namun sedikit aneh, karena sekaligus merefleksikan filosofi sang sutradara, Danny Boyle.

Sutradara pemenang Oscar dari film besutannya, The Slumdog Millionaire ini sebelumnya berjanji akan membuat sebuah film yang mampu menggambarkan Britania Raya sebagai sebuah bangsa. Film tersebut juga menampilkan sebuah pertunjukan eksentrik dengan kemunculan domba-domba dan para dokter bedah dari National Health Service yang sedang menari.

Acara pembukaan Olimpiade 2012 ini juga akan dihadiri oleh banyak tamu khusus, termasuk 120 pemimpin negara, di antaranya Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda. Pangeran Williams dan istrinya, serta Pangeran Albert dari Monako juga akan hadir menemani Ratu Elizabeth II yang akan membuka Olimpiade 2012 secara resmi.

Sementara Perdana Menteri Dmitry Medvedev akan mempimpin delegasi Rusia walaupun Presiden Vladimir Putin telah mengindikasikan ia akan menyusul untuk menontn judo. Putin adalah pemegang ban hitam.

Legenda sepak bola Inggris David Beckham juga mengungkapkan akan mengambil beberapa peran pada acara pembukaan, walaupun tak terpilih dalam tim Britania Raya. Kabar berhembus, Beckham akan diberi kesempatan untuk menyalakan api obor Olimpiade.

“Olimpiade adalah acara yang mempu menghentikan dunia. Jika Anda berada di negara kecil dengan penduduk paling sedikit di dunia atau negara besar dengan penduduk paling banyak, semua orang diundang untuk menyaksikan olimpiade. Ini hebat mengingat Anda bisa melihat dunia, dan sebaliknya,” pungkas Lewis, seperti dikutip dari AFP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: